Latihan Teknik Gerakan Lengan pada Renang Gaya Bebas



Bagikan:


Gambar latihan teknik gerakan lengan, 
Sebelumnya kita telah melakukan latihan teknik gerakan kaki pada renang gaya bebas, selanjutnya kita akan melakukan latihan teknik gerakan lengan pada renang gaya bebas. Akan tetapi sebelum kita melakukan latihan, terlebih dahulu kita perlu mengetahui tahap-tahap dalam gerakan lengan dalam renang gaya bebas yaitu sebagai berikut.

1. Pull (gerakan menarik)

Dimulai dari posisi lurus ke depan, kemudian lengan ditarik silang di bawah dada dengan siku dibengkokkan. Gerakan menarik, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Menarik di bawah tubuh pada garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh agak jauh dari garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh mendekati garis tengah.
  • Menarik di bawah tubuh menyilang garis tengah.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Bebas dibawah ini
2. Push (gerakan mendorong)

Setelah siku mencapai bidang vertikal bahu dilanjutkan dengan gerakan mendorong sampai lengan lurus ke belakang.

3. Recovery (gerakan istirahat)

Setelah gerakan mendorong selesai dan tangan lurus ke belakang, dilanjutkan dengan mengangkat siku keluar dari air, diikuti dengan lengan bawah dan jari-jari secara rileks kemudian digeser ke arah depan di atas permukaan air. Selanjutnya jari-jari dimasukkan ke dalam air.

Gerakan istirahat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
  • Siku diangkat tinggi.
  • Siku diangkat sedang.
  • Siku diangkat rendah atau menengah lurus.

Berikut ini beberapa latihan teknik gerakan lengan pada renang gaya bebas yang dapat dilakukan oleh perenang untuk lebih menguasai gerakan lengan ini.


Latihan 1

Perenang dapat berlatih melakukan gerakan lengan renang gaya bebas, dengan kedua paha mengapit papan pelampung. Posisi kedua kaki, badan, dan tangan lurus, serta badan terapung di atas permukaan air.

Latihan 2

Siswa dapat berlatih melakukan gerakan lengan renang gaya bebas dengan kedua kaki dipegang oleh teman dari belakang. Berikut ini cara melakukan latihan lengan dengan bantuan teman.

Lakukan sikap telungkup di atas permukaan air. Kedua kaki dipegangi teman dari belakang, hingga posisi kedua kaki dan badan lurus. Lakukan gerakkan tangan kiri dan tangan kanan secara bergantian. Ketika tangan kiri selesai mengayuh dan mulai diangkat keluar dari dalam air, tangan kanan langsung masuk ke dalam air dan mengayuh ke belakang begitu seterusnya.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Gerakan Lengan pada Renang Gaya Bebas"

Posting Komentar