Pengertian Smash Dalam Bulutangkis



Bagikan:


Pukulan Smash [Image by www.gettyimages.com], 

Siapa yang tidak mengenal olahraga Bulutangkis yang sangat populer di Indonesia, hmm mungkin yang kedua populer setelah olahraga Sepak Bola. Akan tetapi olahraga yang satu ini selalu menjadi andalan Indonesia di ajang internasional seperti pada Olymipade, Asian Games, SEA Games, dan lainnya.


Jika anda melihat permainan bulu tangkis, salah satu pukulan yang selalu menjadi andalan bagi pemain untuk mendapatkan poin ialah pukulan smash. Pukulan smash ini juga selalu menjadi pukulan pamungkas bagi setiap pemain dalam menghancurkan lawannya, dan pastinya penonton juga sangat menyukai jika pemain melakukan pukulan ini.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:

Dalam permainan bulutangkis sebenarnya terdapat beberapa bentuk pukulan yang dapat dilakukan oleh pemain, salah satunya ialah pukulan smash ini. Smash adalah pukulan yang dilakukan dengan cepat dan sekeras-kerasnya ke arah bawah lapangan lawan. Pada umumnya terdapat 4 macam pukulan smash, yaitu smash penuh, smash potong, around the head smash, dan backhand smash.

Smash penuh ini dilakukan dengan daun raket seluruhnya dan dilakukan dengan sekuat tenaga. Sedangkan Backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri dan mengutamakan keterampilan pergelangan tangan. Adapun Smash potong  kurang keras jika dibandingkan dengan smash penuh, tetapi shuttlecock lebih tajam dan lebih terarah dan dilakukan secara menyilang (cross smash).

Sementara itu Around the head smash atau Men-smash di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri, yaitu smash dengan memutar mengitari atas kepala. Around the head smash sangat memerlukan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri dengan tegak dan tidak sempoyongan.





Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Smash Dalam Bulutangkis"

Posting Komentar