Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Keterangannya



Bagikan:


Lapangan voli [image by www.mateflex.com], 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat akan memainkan permainan atau olahraga Bola Voli ialah lapangan permainan, permainan bola voli tidak terlalu susah dalam hal lapangan, asalkan lapangan tersebut memenuhi ukuran standar lapangan bola voli serta mempunyai tiang untuk memasang net maka lapangan tersebut sudah layak.


Akan tetapi, sangat sering kita melihat lapangan bola voli yang tidak memenuhi standar, mulai dari ukuran lapangan sampai dengan permukaan lapangan atau lantai lapangan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa lantai yang biasa digunakan pada lapangan bola voli terbuat dari bahan karpet yang mempunyai dasar yang licin tapi tidak mudah slip.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Berbeda dengan lapangan bola voli yang biasa kita lihat di daerah-daerah atau disekolah yang dibuat seadanya, dengan lantai terbuat dari semen atau terbuat dari tanah. Hal ini akan membuat pemain susah saat akan mengambil bola sambil menjatuhkan badan sebab akan melukai pemain tersebut, berbeda halnya jika lantainya halus.

Lapangan voli serta keterangannya,

Pada gambar diatas dapat kita lihat gambar lapangan bola voli yang memenuhi standar internasional berupa ukuran lapangan, bahan untuk membuat lantai lapangan, serta kelengkapannya.

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa, lapangan bola voli yang standar biasanya berukuran panjang 18 meter dan panjang 9 meter. Lapangan bola voli dibagi menjadi dua yang dipisahkan oleh net, pada masing-masing bagian terbagi lagi mejadi dua yaitu daerah depan dan daerah belakang. Daerah depan berjarak 3 meter dari dari net atau garis tengah, selebihnya atau 6 meter sisanya merupakan daerah belakang.

Adapun daerah servis pada lapangan voli terdapat diluar lapangan, tepatnya setelah garis belakang atau garis akhir. Sedangkan ukuran net yaitu tinggi 2,43 meter untuk putra dan 2,24 meter untuk putri, adapun ukuran dari jaring net itu sendiri yaitu lebar 9 meter dan tinggi 1 meter. Posisi tiang net dari garis lapangan berjarak 1 meter dan tinggi antena pada net 80 cm.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Gambar Lapangan Bola Voli Beserta Keterangannya"

Posting Komentar