Pengertian Service Ace Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Servis Lompat [image by volleyball-life.com], 

Permainan Bola Voli merupakan salah satu permainan yang mempunyai banyak penggemar, dan dapat dimainkan dimana saja asal lapangannya cukup luas dan mempunyai tiang net. Di Indonesia sendiri, olahraga ini sudah cukup populer di masyarakat mulai dari desa hingga kota besar dapat dengan mudah kita dapati orang-orang memainkannya pada sore hari.


Dalam permainan Bola Voli seorang pemain perlu dan wajib untuk menguasai beberapa teknik dasarnya, salah satu teknik dasar dalam permainan Bola Voli ialah teknik servis. Teknik Servis ialah pukulan untuk mengawali permainan, jika dilakukan dengan baik dan benar pukulan servis juga bisa menjadi serangan awal yang bisa menghasilkan poin.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Ya, selain dari pukulan smash, servis juga dapat langsung menghasilkan poin jika dilakukan dengan baik dan dengan pukulan yang kuat, keras, dan terarah. Pukulan servis yang jika dilakukan langsung mendapatkan poin diistilahkan dengan Service Ace, tidak semua servis dapat langsung menghasilkan poin.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknik servis dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu Servis bawah, Servis samping, Servis atas, dan Servis lompat (Jump serve). Pada umumnya servis yang dapat langsung mendapatkan poin atau service ace merupakan servis lompat atau Jump Serve yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke atas lalu memukul bola sambil melompat.

Selain mengandalkan pukulan keras, Service Ace juga ditentukan oleh penempatan bola yang dilakukan oleh pemain yang melakukan servis sehingga sulit untuk dikembalikan bahkan di tahan oleh pemain lawan.

Adapun cara untuk melakukan servis lompat atau Jump Serve sehingga langsung menghasilkan poin atau Service Ace adalah:
  • Pemain berdiri dengan dengan kedua kaki rapat.
  • Kedua tangan memegang bola di depan badan, serta fokus dan konsentrasi pada bola yang akan dipukul.
  • Bola dilambungkan ke atas depan.
  • Saat bola melambung, lakukan tolakan beberapa langkah ke depan untuk mendapatkan lompatan yang maksimal.
  • Saat mencapai ketinggian maksimal dan bola berada pada jangkauan lengan pukullah bola tersebut keras dan terarah.
  • Pada saat memukul bola, berat badan dipindahkan ke depan.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian Service Ace Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar