Teknik Ayunan Kaki Pada Renang Gaya Dada



Bagikan:


Latihan gerakan kaki renang gaya dada [image by belajarberenangbandung.com
Olahraga renang merupakan salah satu olahraga tertua yang ada, akan tetapi cara berenang pada awalnya tidak menyerupai gaya berenang pada saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman dan waktu pada olahraga renang dikenal beberapa gaya yang biasa dipertandingkan, salah satu gaya dalam renang ialah gaya dada (breast stroke).

Renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling lambat diantara empat gaya yang ada, namun dapat dikatakan paling unik. Pertama, karena merupakan satu-satunya gaya di mana lengan dan kaki tinggal di air. Kedua, satu-satunya gaya di mana kaki sama pentingnya dengan lengan dalam menggerakkan perenang maju ke depan. Ketiga, satu-satunya gaya renang di mana perenang dapat melihat ke depan sambil berenang.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Dada dibawah ini:
Renang gaya dada biasa juga disebut dengan renang gaya katak, sebab gerakan renang ini menyerupai katak. Yang paling menonjol dari gerakan ini ialah gerakan ayunan kaki pada saat didalam air, maka dari itu teknik ayunan kaki renang gaya dada sangat mempengaruhi kecepatan berenang selain pastinya gerakan tangan.

Adapun urutan gerakan teknik ayunan kaki pada renang gaya dada adalah sebagai berikut.
  • Sikap kedua kaki lurus ke belakang saling berdampingan.
  • Tarik kedua kaki dengan serentak sehingga membentuk sudut pada bagian lutut, dibantu oleh kedua paha membuka.
  • Setelah mengambil menyudut, lakukan perputaran pergelangan kaki dengan telapak kaki siap mendorong dan mengarah ke luar.
  • Doronglah telapak kaki secara serentak dan kuat ke samping sehingga membentuk setengah lingkar an di atas.
  • Dorongan dilakukan secara serentak dan dengan tenaga yang maksimum sambil diakhiri dengan lecutan kedua ujung telapak kaki.
  • Dalam akhir sikap mendorong, selanjutnya mulai bergerak untuk menutup kedua kaki.
  • Tutuplah kedua kaki secara serentak sebagai sambungan dari akhir lecutan kaki. Kedua kaki menutup kembali lurus di belakang seperti permulaan.
Untuk bisa mahir dalam teknik ayunan kaki pada renang gaya dada, setiap perenang gaya dada harus melakukan letihan-letihan gerak ayunan kaki. Terdapat tiga bentuk latihan teknik ayunan kaki pada renang gaya dada yang dapat teman-teman lakukan, diantaranya ialah:

1. Latihan Teknik Ayunan Kaki Berpegangan Pada Pant Kolam/Pinggir Kolam

Cara melakukan latihan gerak kaki renang gaya dada dengan berpegangan pada pant kolam atau pinggir kolam adalah sebagai berikut:
  • Persiapan: kedua lengan berpegangan pada parit kolam, badan, lengan dan kedua kaki lurus, hingga posisi badan terapung di atas permukaan air.
  • Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat), putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang) di bawah permukaan air ± 15 cm hingga lurus dan rapat.
  • Akhir gerakan: badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan.

2. Latihan Teknik Ayunan Kaki Renang Gaya Dada, Kedua Lengan Dipegang Teman

Cara melakukan latihan gerak kaki renang gaya dada dengan kedua lengan dipegang oleh teman, adalah sebagai berikut:
  • Persiapan : kedua lengan berpegangan pada teman yang membantu, badan, lengan dan kedua kaki lurus, hingga posisi badan terapung di atas permukaan air.
  • Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat), putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang) di bawah permukaan air ± 15 cm hingga lurus dan rapat,
  • Akhir gerakan: badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan.

3. Latihan Teknik Ayunan Kaki Renang Gaya Dada, Kedua Lengan Memegang Papan Pelampung

Latihan gerakan kaki renang gaya dadar dengan kedua lengan memegang papan pelampung, adalah sebagai berikut.
  • Persiapan: kedua lengan berpegangan pada teman yang membantu, badan, lengan dan kedua kaki lurus, hingga posisi badan terapung di atas permukaan air,
  • Gerakan: dimulai dengan mengangkat tumit dan menarik bersama-sama ke arah pinggul (pantat), putar pergelangan kaki ke atas hingga telapak kaki menghadap belakang, tendangan kedua kaki ke belakang (dorong ke belakang) di bawah permukaanair ± 15 cm hingga lurus dan rapat,
  • Akhir gerakan: badan, kedua lengan dan kaki lurus, pandangan ke depan.



Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Penulis : Roji dan Eva Yulianti. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Ayunan Kaki Pada Renang Gaya Dada"

Posting Komentar