Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola



Bagikan:


Gambar Menyundul bola (heading), [image by www.cnnindonesia.com],

Sepak bola merupakan permainan yang mengandalkan skill serta kerja sama tim, kedua komponen tersebut jika dipadu dengan baik akan menghasilkan keberhasilan dalam memainkannya. Skill yang baik dari setiap pemain di hasilkan dari latihan-latihan secara terus menerus sehingga teknik dasar dari permainan ini dikuasai dengan baik.

Dalam permainan sepak bola terdapat beberapa teknik dasar yang perlu untuk dikuasai, salah satunya ialah teknik menyundul bola atau biasa disebut dengan heading. Teknik menyundul bola dalam permainan sepak bola dapat dilakukan dengan beberapa maksud, menyundul bola untuk menghalau bola, mengumpan ke teman lain, bahkan untuk memasukkan bola ke gawang.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Menyundul bola juga dapat dilakukan dengan beberapa cara atau gaya sesuai dengan keadaan dan situasi pada saat pertandingan, menyundul bola dapat dilakukan sambil melompat, sambil terbang, ataupun pada saat sedang berduel dengan pemain lawan.

Akan tetapi pada umumnya menyundul bola dilakukan dengan sikap berdiri. Nah, berikut ini tahapan cara menyundul bola atau heading dalam permainan sepak bola.

  • Posisi awal: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu/sikap melangkah, kedua lutut agak rendah, kedua lengan di depan samping badan, pandangan tertuju pada arah bola.
  • Gerakan: lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher serta berat badan bertumpu pada kaki belakang, arah pandangan pada bola, gerakan pinggang ke depan, hingga dahi tepat menyongsong arah datangnya bola, untuk menambah kecepatan/ kekuatan bola, gerakan kedua lengan ke belakang.
  • Akhir gerakan: gerakan badan dibawa ke depan, kedua lutut diluruskan serta kedua tumit terangkat dari tanah, pandangan mengikuti arah gerak bola.

Untuk mematangkan penguasaan teknik menyundul bola atau heading, setiap pemain perlu untuk melatihnya secara terus menerus. Jangan sampai saat pertandingan, niatnya menghalau bola dari gawang dengan menyundul bola, malah bolanya yang masuk ke gawang karena kurangnya latihan.

Sekian dahulu penjelasan singkat mengenai cara menyundul bola atau heading permainan sepak bola, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga atau permainan sepak bola.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Cara Menyundul Bola (Heading) Dalam Permainan Sepak Bola"