Cara Memegang Simpai Dengan Pegangan Berlawanan (Undergrip) Dalam Senam Irama | EdukasiCenter



Bagikan:


Memegang Simpai Dengan Pegangan Berlawanan (Undergrip), 

Senam Irama atau ritmik merupakan bagian dari salah satu senam yang ditetapkan oleh Federation Internationale de Gymnastic. Senam irama yaitu senam yang dalam pelaksanaannya disertai musik nyanyian menurut irama dengan gerakan yang dilakukan.


Gerakan pada senam irama dilakukan dengan luwes, berkesinambungan dan sesuai dengan ritme (irama) yang mengiringinya. Gerakan dapat dilakukan secara kombinasi jalan, lari, lompat, loncat, mengayun, berputar yang menimbulkan keindahan gerakan. Senam Irama juga biasa dilakukan dengan menggunakan alat berupa tali, tongkat, dan simpai.

Informasi menarik lainnya tentang gerakan-gerakan dalam senam irama, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Simpai yang digunakan dalam senam irama memiliki ukuran yang telah ditentukan, ukuran diameter simpai yang digunakan sekitar 80 - 90 cm dengan tebal sekitar 8 - 12 mm, dan berat 300 gram. Warna dari simpai juga bermacam-macam dan cerah, seperti merah, kuning, dan hijau. Untuk bisa memainkan simpai pada senam irama harus menguasai beberapa teknik.

Salah satu teknik tersebut ialah teknik memegang simpai, teknik memegang simpai dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang cara memegang simpai dengan pegangan biasa (overgrip), pada postingan kali ini kita akan membahas cara memegang selanjutnya yaitu memegang simpai dengan pegangan berlawanan (undergrip).

Bagaimana cara memegang simpai dengan pegangan berlawanan dalam senam irama dengan menggunakan simpai? Pegangan berlawanan (under grip) adalah cara memegang simpai dengan cara memegang simpai menggunakan satu atau dua tangan dengan telapak tangan menghadap ke atas. Untuk mendapatkan rangkaian gerakan yang baik, cara ini dikombinasikan dengan cara memegang lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana cara memegang simpai dengan pegangan berlawanan (undergrip) Dalam Senam Irama, semoga penjelasan singkat ini dapat membantu anda dalam mempelajari senam irama.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Memegang Simpai Dengan Pegangan Berlawanan (Undergrip) Dalam Senam Irama | EdukasiCenter"

Posting Komentar