Sikap Badan Saat Melayang di Udara Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara



Bagikan:


Lompat jauh gaya berjalan diudara [image by diduniaolahraga.blogspot.co.id], 
Nomor lompat jauh dalam olahraga atletik memrupakan olahraga yang bertujuan untuk melakukan lompatan sejauh-jauhnya, sebelum melakukan lompatan atlit lompat jauh terlebih dahulu melakukan awalan berupa lari kencang kemudian melakukan tolakan pada papan tolakan. Setelah melakukan tolakan, atlit melakukan gaya melayang diudara dan diakhiri dengan mendarat diatas bak berisi pasir.

Dalam olahraga lompat jauh dikenal beberapa gaya yang biasa dan menjadi andalan para atlit saat melakukan gerakan melayang diudara, pada postingan sebelumnya kita telah membahas teknik melayang diudara dengan menggunakan gaya menggantung dan gaya jongkok, nah pada postingan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sikap badan saat melayang dengan gaya berjalan diudara.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Jauh atau Long Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Lompat jauh gaya berjalan diudara merupakan gaya yang paling sering dilakukan oleh atlit-atlit lompat jauh, gaya ini melakukan gerakan menyerupai orang yang sedang berjalan saat sedang melayang di udara dengan cara berjalan yang khas. Karena gerakannya yang menyerupai orang yang berjalan maka dapat mempertahankan sikap tubuh selama mungkin diudara.

Gaya ini termasuk sangat mudah untuk dipelajari sebab jika kita melompat kaki kita akan refleks bergerak seperti orang yang sedang berjalan tapi bedanya ini berjalan diatas udara, hanya tekniknya saja yang perlu dilatih lagi agar membantu untuk memaksimalkan hasil lompatan. Berikut ini sikap badan saat melayang diudara dalam lomat jauh gaya berjalan diudara.
  • Tolakan yang kuat dan dinamis setelah tolakan kaki ayun dibawa ke depan, ke bawah, dan ke belakang.
  • Kaki tolak membuat gerak yang berlawanan ke depan
  • Langkah jalan yang khas.
  • Lengan kiri mengikuti irama kebalikannya dengan gerak kaki sebagai persiapan.
  • Kaki ayun, dibawa ke belakang, kaki ditekuk hingga hampir menyentuh pantat kemudian berayun ke depan mendekati kaki lainnya.
  • Kaki bagian bawah diangkat untuk dapat mendarat secara bersama-sama.

Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, akan tetapi masih saja terjadi beberapa kesalahan saat melakukannya. Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan lompat jauh gaya berjalan di udara adalah sikap badan kaku, langkah kaki/footwork yang kurang pas, tergesagesa, melayang terlalu tinggi, gayanya tidak jelas, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjut.

Seperti pada gaya lainnya dalam lompat jauh, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan kurang maksimalnya hasil lompatan maka perlunya untuk melakukan latihan-latihan secara rutin, latihan ini ditujukan padateknik berlari, menolak, dan utamanya pada teknik saat melayang diudara dengan menggunakan gaya berjalan diudara.

Itulah penjelasan dan informasi singkat mengenai sikap badan saat melayang di udara dalam lompat jauh gaya berjalan diudara, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai cabang olahraga atletik dan khususnya nomor lompat jauh dengan menggunakan gaya berjalan diudara.




Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Sikap Badan Saat Melayang di Udara Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara"

Posting Komentar