Ukuran Shuttlecock dan Raket Bulu Tangkis



Bagikan:


Shuttlecock dan Raket Bulu Tangkis [image by tucson-shuttlecock.blogspot.com], 

Siapa yang tidak mengenal olahraga bulu tangkis, salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia dan telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional ini walaupun beberapa tahun terakhir prestasi perbulutangkisan kita belum meningkat, akan tetapi olahraga ini masih bisa menjadi andalan di beberapa event olahraga misalnya olimpiade dan asiangames.


Dalam memainkan olahraga bulu tangkis kita mesti memerlukan beberapa perlengkapan yang harus ada dalam setiap permainannya, kedua perlengkapan tersebut ialah raket dan shuttlecocks atau biasa juga disebut dengan bola. Ternyata tidak sembarangan untuk memiliki atau membeli kedua perlengkapan tersebut, karena keduanya mempunyai ukuran-ukuran yang harus diseragamkan secara internasional.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bulu Tangkis atau Badminton dibawah ini:

Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Raket ada beberapa macam, yaitu dari kayu seluruhnya, kepala kayu dengan batang logam, atau seluruhnya logam. Biasanya kekuatan, daya tahan serta kenyamanan dipakainya tergantung dari kualitasnya.

Beratnya kurang dari 150 gram (tulisan Under -5 pada beberapa raket artinya kurang dari 5 ons, dimana 1 ons = 28,25 gram). Panjang 68 cm, lebar kepala 23 cm. Raket bulu tangkis mempunyai beberapa jenis diantaranya:

  1. Raket yang berat di bagian atas (kepala), cocok untuk pemain yang bertipe penyerang.
  2. Raket yang berat di bagian pegangan (handle), cocok untuk bermain rally dan tipuan.
  3. Raket yang seimbang cocok untuk pemain "allround" (serba bisa).

Untuk membuat raket kita awet dan tidak cepat rusak perlu melakukan perawatan dan pemeliharaan. Pemeliharaan raket sangat penting, yaitu dengan selalu membersihkan setiap habis dipakai, sedang raket yang berkepala kayu harus dipress dan kemudian disimpan di tempat yang kering.

Shuttlecocks atau biasa disebut dengan bulu atau biasa juga disebut dengan bola terdiri dari bagian kepala dan bulu. Shuttlecocks yang baik menggunakan gabus sebagai kepalanya dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat. Bulu angsa lebih baik, sebab dapat mengurangi lajunya bola serta memberi keseimbangan yang lebih mantap. Yang terpenting karakteristik terbangnya sama. Plastik meskipun tahan lama tetapi kurang nyaman dipakai hingga tidak begitu populer.

Walaupun terlihat kecil dan tidak dipedulikan, ternyata shuttlecocks juga mempunyai ukuran-ukuran yang telah disepakati secara internasional. Berikut ini ukuran-ukuran dari shuttlecocks.
  • Panjang bulu bola : 60-70 mm
  • Diameter gabus : 25-28 mm
  • Garis tengah ujung lingkaran bulu: 54 mm
  • Jumlah bulu : 14-16 helai
  • Berat bola : 4,73 - 5,50 gram

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran shuttlecocks atau bola dan raket bulu tangkis, semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua mengenai olahraga yang banyak mengharumkan nama bangsa di kancah internasional yaitu bulu tangkis. Ikuti terus informasi-informasi terbaru kami di blog ini.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Untuk SMA/MA/SMK/MK Kelas XI Semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Shuttlecock dan Raket Bulu Tangkis"

Posting Komentar