Macam-Macam Gaya Dalam Lompat Jauh



Bagikan:


Gaya lompat jauh [image by perpustakaan.id], 
Atletik merupakan induk dari semua cabang olahraga. Adapun atletik meliputi tiga nomor, yaitu lari, lompat, dan lempar. Khusus pada nomor lompat terbagi lagi kedalam beberapa nomor lompotan, yaitu Lompat Tinggi, Lompat Galah, dan Lompat Jauh.

Lompat jauh adalah gerak lompatan yang dilakukan di lintasan dengan bak pasir yang digunakan untuk mendarat yang ukurannya sudah ditentukan. Lompat jauh merupakan salah satu cabang atletik. Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya. Pemindahan tubuh dilakukan dengan cara berlari secepat-cepatnya, menolak, melayang di udara dan mendarat.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Jauh atau Long Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Pada umumnya terdapat tiga gaya lompatan yang biasanya digunakan oleh atlet lompat jauh pada saat melakukan pertandingan. Gaya lompatan ini pula bisa juga digunakan sebagai gaya andalan saat melakukan lompatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Adapun gaya-gaya dalam lompat jauh, yaitu:

Gaya jongkok (tuck);


Gaya lenting/menggantung (schnapper);


Gaya berjalan di udara (walking in the air).


Pada umumnya dari ketiga gaya tersebut yang membedakannya ialah pada saat melayang di udara, sedangkan pada awalan, tolakan, dan akhiran gerakannya sama. Pada lompat jauh gaya jongkok (tuck) pemain melakukan seolah-olah jongkok pada saat melayang, pada lompat jauh gaya menggantung, atlet lompat jauh melakukan gaya seolah-olah sedang menggantung di udara, dan pada lompat jauh gaya berjalan di udara, atlet lompat jauh seolah-olah berjalan di udara.


Dari ketiga gaya tersebut yang paling banyak digunakan oleh atlet lompat jauh ialah gaya lenting/menggantung (schnapper) dan gaya berjalan di udara (walking in the air). Sebab kedua gaya tersebut mudah dilakukan dan menghasilkan lompatan yang cukup memuaskan.

Sumber pustaka: Aktif Berolahraga 3/Tugimin, Joko Supriyanto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gaya Dalam Lompat Jauh"

Posting Komentar