Latihan Teknik Dasar Menendang, Menggiring, dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola



Bagikan:


Gambar ilustrasi Sepak bola [image by zonazet.com],

Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim, setiap tim beranggotakan sebelas orang. Olahraga ini merupakan olahraga yang paling digemari  diseluruh dunia, setiap orang dari muda sampai yang tua gemar bermain sepak bola atau sekedar untuk menyaksikan pertandingannya.


Untuk bisa memainkan permainan olahraga ini, setiap pemain harus dan wajib untuk menguasai teknik-teknik dasarnya. Terdapat beberapa teknik yang paling mendasar yang harus dikuasai pemain sepak bola diantaranya menendang, menggiring, dan menghentikan bola.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
Untuk menguasai teknik dasar sepak bola tersebut, haruslah dilakukan latihan-latihan yang rutin serta pola latihannya yang menjurus untuk melatih teknik dasar. Lalu, bagaimana bentuk latihan untuk melatih teknik dasar tersebut? Berikut ini beberapa bentuk latihan teknik dasar yang dapat dilakukan untuk melatih teknik menendang, menggiring, dan menghentikan bola.

Latihan 1
Menggiring bola arah lurus dan menendang bola.
  • Dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
  • Bola digiring menggunakan kaki bagian luar, dalam, atau punggung kaki.
  • Setelah sampai pada jarak tertentu, lakukan teknik menendang menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
Latihan 2
Menggiring bola zig-zag dan menendang bola
  • Dilakukan secara berkelompok.
  • Bola digiring menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
  • Setelah melewati bendera terakhir atau tanda, lakukan teknik menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
Latihan 3
Lomba menggiring, menenndang, dan menghentikan bola tanpa rintangan.
  • Dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.
  • Lakukan teknik menggiring bola dengan cepat dalam lapangan dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
  • Setelah sampai pada garis lapangan atau tanda, hentikan bola dengan telapak kaki.
  • Putar badan kemudian tendang bola ke arah teman atau pasangan menggunakan kaki bagian dalam, luar, atau punggung kaki.
  • Yang sudah melakukan gegrakan, kembali lari pada garis start (tempat semula)
Latihan 4
Lomba menggiring dan menendang bola melalui rintangan (zig-zag), berpasangan atau kelompok (beregu). Cara pelaksanaannya sama dengan latihan 3.

Itulah beberapa bentuk latihan yang bisa dilakukan untuk melatih teknik dasar menendang, menggiring, dan menghentikan bola. Lakukan latihan tersebut secara rutin setiap hari, selain itu akan lebih baik jika melakukan latihan tanding agar lebih menyempurna kan latihan yang dilakukan tadi.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Dasar Menendang, Menggiring, dan Menghentikan Bola Dalam Sepak Bola"

Posting Komentar