Latihan Melakukan Servis Bola Voli



Bagikan:


Teknik servis [image by vollyballfull.blogspot.co.id], 

Dalam olahraga bola voli penguasaan teknik-teknik dasar sangat mempengaruhi keberhasilan saat bertanding, akan sangat terasa bedanya jika sebuah tim yang sudah menguasai teknik dasar dengan sebuah tim yang belum sangat menguasai teknik dasar bola voli.


Permainan bola voli dimulai dengan seorang pemain memukulkan bola pertama ke daerah lapangan lawab, pukulan ini disebut dengan servis. Servis dalam permainan bola voli tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu juga untuk menguasai teknik servisnya. Pada umumnya servis ini dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu servis bawah, servis atas, dan servis sambil melompat.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Servis adalah pukulan bola pertama sebagai sajian atau pelayanan yang dilakukan dari daerah servis oleh pemain belakang. Bola melewati di atas net dan jatuh di daerah lapangan lawan. Kadang jika pemain yang akan melakukan servis kurang menguasai teknik ini maka bola yang diservis akan tersangkut di net atau bola tersebut akan mengarah jauh keluar lapangan.

Maka dari itu perlu untuk menguasai teknik ini dengan melakukan latihan-latihan yang rutin setiap hari bersama teman-teman satu tim atau bisa juga dilakukan seorang diri. Adapun bentuk latihan untuk Berikut ini contoh latihan melakukan servis.

Latihan 1
Memantulkan bola ke lantai dengan menggunakan satu tangan.
  1. Bola dipegang dengan satu tangan di atas kepala.
  2. Pantulkan bola ke lantai (depan) menggunakan satu tangan (kanan atau kiri) diawali melentingkan pinggang ke belakang.
  3. Latihan ini dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
Latihan 2
Memantulkan bola voli kelantai degan menggunakan satu tangan.
  1. Sama dengan latihan 1, namun bola dipukul ke lantai yang sebelumnya dilambungkan ke atas oleh tangan yang satunya.
  2. Latihan ini dilakukan secara berpasangan atau kelompok.
Latihan 3

Memukul bola voli (servis) ke depan lurus menggunakan satu tangan dari jarak 6 - 9 meter. Latihan dilakukan secara berpasangan atau kelompok.

Latihan 4
Memukul bola voli (servis) ke depan menggunakan satu tangan melalui atas net dari jarak 6 meter.
  1. Dilakukan secara berpasangan atau kelompok, serta secara bertahap jarak untuk memukul ditambah menjadi 7 m, 8 m, dan 9 m.
  2. Disesuaikan dengan tingkat kemampuan peserta didik.

Itulah beberapa latihan yang dapat anda lakukan untuk melatih kemampuan anda dalam melakukan servis dalam permainan bola voli, dengan penguasaan teknik servis ini dapat menguntungkan tim anda sebab tidak sedikit poin yang didapat dalam permainan bola voli tercipta dari servis.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Melakukan Servis Bola Voli"

Posting Komentar