Latihan Melakukan Blocking Dalam Bola Voli



Bagikan:


Teknik Blocking [image by volleycountry.com], 

Bola voli merupakan sebuah permainan yang dimainkan oleh dua tim atau regu, dimana masing-masing tim yang bertanding beranggotakan 6 orang pemain. Permainan ini dimainkan pada lapangan berbentuk persegi empat panjang dan terdapat sebuah net untuk memisahkan kedua wilayah lapangan.


Dalam permainan bola voli, setiap tim akan mengandalkan smash untuk mendapatkan poin. Maka dari itu setiap tim pasti mempunyai seorang atau beberapa pemain yang mempunyai smesh keras dan kencang. Nah untuk menghalau serangan smesh, sebuah juga mempersiapkan pemain untuk memblock smash tersebut, teknik yang digunakan biasanya disebut dengan teknik Blocking.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:

Blocking sangat erat dengan teknik bertahan yang dilakukan di atas net. Keberhasilan bendungan dapat ditentukan oleh loncatan yang tinggi dan kemampuan menjangkau lengan pada bola yang sedang dipukul lawan. Bendungan dapat dilakukan dengan satu, atau dua tangan, tergantung pada kualitas pemain lawan.

Bendungan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu bendungan aktif dan bendungan pasif. Yang dimaksud bendungan aktif adalah pada saat melakukan blocking, tangan pemain digerakkan dengan kuat dan lengan dekat sekali dengan net. Adapun yang dimaksud dengan bendungan pasif adalah tangan pemain pada saat melakukan bendungan dijulurkan ke atas tanpa digerakkan.

Untuk lebih menguasai teknik blocking ini, setiap pemain yang ditugaskan untuk memblock bola smash lawan perlu melakukan latihan-latihan. Bentuk latihan yang dilakukan perlu terfokus pada untuk melatih cara atau teknik blocking. Berikut ini beberapa bentuk contoh latihan dalam melakukan blocking atau bendungan.

Latihan 1
Membendung bola voli yang dipegang teman di atas net.
  • Dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  • Tahap pertama satu kali gerakan (bendungan), tahap kedua dua kali gerakan (bendungan, dan tahap ketiga tiga kali gerakan (bendungan).
Latihan 2
Membendung bola voli dengan bola dilambungkan teman dari depan net.
  • Dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  • Bila dilakukan berkelompok, yang telah melakukan bendungan dan lambungan bergerak lari.
  • Yang membendung pindah ke barisan kelompok pelambung dan yang melambung pindah ke barisan kelompok pembendung.
Latihan 3
Membendung bola voli berpasangan dengan bola dilambungkan teman dari depan samping net.
  • Dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  • Pembendung berusaha menjauhkan bola ke lapangan lawan.
  • Latihan dapat dilanjutkan dengan empat orang yang melakukan bendungan.

Itulah beberapa bentuk latihan melakukan blocking dalam bola voli, lakukan latihan-latihan tersebut secara rutin untuk mendapatkan penguasaan teknik blocking yang baik. Sebuah tim dengan bertahan yang baik (block) dan menyerang yang baik (smash) pasti akan berjaya dilapangan.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX/Atmaja Budi Sarjana, Bambang Trijono Joko Sunarto; editor, Bambang Trijono Joko Sunarto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Melakukan Blocking Dalam Bola Voli"

Posting Komentar