Teknik Melayang dan Mendarat Pada Lompat Tinggi Gaya Flop



Bagikan:


Lompat tinggi gaya flop [image by putrarefo.blogspot.co.id], 

Nomor olahraga lompat tinggi mempunyai beberapa gaya yang biasa digunakan oleh atlet lompat jauh, gaya-gaya ini disesuaikan dengan kebisaan dan kesukaan atlet tersebut dalam menggunakannya. Sebaiknya menggunakan gaya yang nyaman untuk atlet sehingga hasil lompatan nantinya dapat berhasil. Salah satu gaya yang ada ialah gaya flop atau telentang.


Kenapa gaya ini dikatakan flop atau telentang? sebab posisi badan pada saat akan melewati mistar atau batas lompatan seperti posisi telentang atau menghadap keatas. Lompat tinggi gaya flop ini mulai populer sejak Richard Fosbury dengan gaya tersebut berhasil menjadi juara Olimpiade di Mexico City pada tahun 1968. Oleh karenanya gaya lompat tinggi itu juga disebut Fosbury Flop.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Cara melewati mistar dengan gaya flop merupakan kebalikan dari gaya straddle. Kalau lompatan straddle bergulingnya di atas mistar dengan perut menghadap ke bawah (ke arah mistar), maka pada gaya flop melewati mistar dengan punggungnya yang menghadap ke bawah.

Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan atau dikuasai dalam melakukan lompat tinggi gaya flop, diantaranya ialah teknik pada saat melayang atau melewati mistar serta teknik pada saat melakukan pendaratan. Kedua teknik tersebut sangat penting untuk diketahui dan dikuasai sebab akan mempengaruhi keberhasilan lompatan nantinya.

Teknik Melewati Mistar Pada Lompat Tinggi Gaya Flop

Kepala adalah yang paling dahulu melewati mistar, kemudian diikuti dengan badan yang melewati mistar terlentang dengan punggung menghadap mistar. Setelah mencapai titik ketinggian maksimal dan pantat melewati mistar, kedua kaki diayun ke atas untuk dapat melewati mistar seluruhnya.

Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut.
  • Sesudah bertolak, teruskan memelihara sikap kaki bebas dalam posisi horizontal. Kaki yang bertolak agar tetap diluruskan.
  • Gerakkan lengan kiri sebagai lengan yang mendahului melewati mistar lompat tinggi.
  • Angkat pinggang naik lebih tinggi sampai melewati mistar.
  • Apabila pinggang telah melewati mistar, tarik kepala ke dada dan luruskan kaki.



Teknik Mendarat Pada Lompat Tinggi Gaya Flop

Posisi badan saat mendarat dengan punggung terlebih dulu di bak lompat. Untuk itu, lompatan gaya flop ini hanya dilakukan kalau bak lompat cukup lunak dan tidak membahayakan pelompat. Jangan mencoba melakukan gaya flop ini di bak pasir. Caranya mendaratlah dengan seluruh punggung dibantu dengan lengan. Usahakan lutut tetap terpisah pada waktu mendarat.





Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melayang dan Mendarat Pada Lompat Tinggi Gaya Flop"

Posting Komentar