Teknik Awalan Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara



Bagikan:


Lompat jauh gaya berjalan di udara [image by hidupmulia.net], 
Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat selain lompat jangkit, lompat tinggi, dan lompat galah.Tujuan lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik tertentu ke titik lainnya. Caranya dengan berlari secepat-cepatnya, kemudian menolak, melayang di udara dan mendarat pada tempat pendaratan yang biasanya berupa pasir.

Tujuan dari olahraga lompat jauh ini ialah melompat sejauh-jauhnya dari titik tolakan, semakin jauh lompatan maka semakin baik pula penilaian yang akan didapatkan. Selain gaya menggantung, dalam olahraga lompat jauh dikenal juga gaya lainnya yaitu gaya berjalan diudara atau dalam bahasa kerennya disebut dengan Walking in The Air.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Jauh atau Long Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Gaya berjalan di udara (Walking in The Air) merupakan salah satu gaya dalam lompat jauh. Gerakannya lebih sulit dibandingkan dengan gaya jongkok ataupun gaya menggantung, karena gaya ini membutuhkan kelincahan gerak. Untuk melakukan lompatan dengan gaya berjalan diudara dengan baik, tentunya juga harus diawali dengan awalan yang baik pula.

Awalan dalam lompat jauh gaya berjalan di udara dilakukan dengan berlari yang kian lama kian mendekati kecepatan maksimal (sprint), namun masih terkendali untuk melakukan tolakan. Tujuan dari awalan adalah meraih kecepatan maksimal yang terkendali untuk melakukan tolakan yang sekuat-kuatnya.


Panjang lintasan awalan untuk melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter agar dapat memperoleh hasil lompatan pada balok tumpuan. Ketepatan tumpuan dapat dicapai dengan perencanaan yang matang dari jumlah langkah awalan yang tepat. Selanjutnya digunakan tanda-tanda (check marks) untuk mengatur ketepatan langkah.

Cara melakukan awalan atau ancang-ancang dalam lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Lari awalan tergantung dari kemampuan masing-masing siswa.
  2. Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu bertolak.
  3. Pinggang diturunkan sedikit pada satu langkah terakhir awalan.




Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 3/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Awalan Dalam Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara"

Posting Komentar