Cara Melakukan Passing Dengan Satu Tangan Dalam Bola Basket



Bagikan:


Passing satu tangan bola basket [image by basketball068.blogspot.com], 

Olahraga bola basket merupakan olahraga beregu dimana setiap regu mempunyai lima orang pemain, cara memainkannya dengan tangan (digiring dan dilempar), kemudian berusaha memasukkan bola ke ring basket untuk mendapatkan nilai. Setiap memasukkan bola kedalam ring basket bernilai 2 jika berada didalam lingkaran dan nilai 3 jika berhasil memasukkan bola dari luar area setengah lingkaran.


Untuk menjadi seorang pemain bola basket yang hebat, seorang pemain harus dan wajib untuk menguasai dan mempelajari berbagai teknik dasar yang terdapat dalam olahraga bola basket. Dari beberapa teknik yang ada, salah satunya ialah teknik passing atau teknik melempar dan menangkap bola.

Pada teknik dasar papssing ini terbagi menjadi dua jenis yaitu passing dengan satu tangan dan dengan dua tangan. Pada postingan kali ini kita akan berbicara tentang teknik passing bola basket dengan satu tangan.

Teknik passing dengan satu tangan ini dapat dilakukan dengan empat teknik passing yaitu lemparan samping, lemparan lambung, lemparan kaitan, dan lemparan lompat. Berikut ini penjelasan dari keempat passing tersebut.

  • Lemparan samping (the side arm pass)
  • Lemparan ini dilakukan apabila kawan berada di daerah guard lawan, dengan harapan bola datang lebih cepat sehingga serangan pun dapat dilakukan lebih cepat.
  • Lemparan lambung (the lob pass)
  • Lemparan ini dilakukan untuk jarak yang jauh dengan posisi bola melambung. Operan ini biasanya dilakukan apabila teman berada bebas dari hadangan lawan, karena bola datangnya lebih lambat.
  • Lemparan kaitan (the back pass)
  • Lemparan ini dilakukan dengan jarak jauh, biasanya dari samping badan melewati atas kepala.
  • Lemparan lompat (the jump hand pass)
  • Operan ini dapat dilakukan dengan bermacam-macam gerakan. Operan ini bertujuan agar menghasilkan lemparan yang tinggi dan jauh.

Itulah informasi singkat mengenai cara melakukan passing dengan satu tangan dalam olahraga bola basket, dari informasi diatas kita dapat mengetahui bahwa passing dengan satu tangan dapat dilakukan dengan empat cara yaitu lemparan samping, lemparan lambung, lemparan kaitan, dan lemparan lompat. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai olahraga bola basket.

Sumber pustaka: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Melakukan Passing Dengan Satu Tangan Dalam Bola Basket"

Posting Komentar