Ukuran Lapangan Pada Lompat Tinggi



Bagikan:


Gambar ukuran lapangan padalompat tinggi
Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga nomor yang terdapat dalam atletik, cabang olahraga lompat jauh termasuk ke dalam kelompok olahraga lompat yang didalamnya terdapat nomor olahraga lompat tinggi, lompat galah, lompat jauh, dan lompat ganda.

Tujuan olahraga ini ialah untuk melakukan lompatan setinggi-tingginya dengan melewati mistar yang telah ditentukan tingginya. Caranya ialah dengan melakukan awalan berlari dan melakukan tolakan dan lompatan kemudian mendarat pada matras atau tempat mendarat tanpa menjatuhkan mistar.
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Dalam olahraga lompat tinggi dikenal beberapa gaya yang biasa digunakan oleh para atlet, gaya dalam lompat tinggi diantaranya gaya gunting (eastern cut off), gaya guling (western), gaya putar (straddle), dan gaya telentang (flop). Dengan menggunakan gaya yang tepat maka dapat membuat lompatan berhasil dan sukses.

Lompat tinggi mempunyai lapangan atau areanya tersendiri, lapangan tersebut mempunyai ukuran yang telah disepakati bersama. Ukuran lapangan atau area lompatan olahraga lompat tinggi dapat dilihat pada gambar berikut ini.


Pada gambar tersebut dapat dilihat bahwa panjang awalan atau lintasa lari lompat tinggi minimal 15 meter, sementara itu tempat mendaratnya yang berupa matras minimal mempunyai luas 3x5 meter dengan ketebalan sekitar 60 cm. Sementara itu jarak antara kedua tiang sama dengan panjang mistar yaitu sekitar 3,98–4,02 m, sedangkan untuk diameter mistar sekitar 25-30 mm dengan berat mistar 2.2 kg.

Itulah sedikit informasi mengenai ukuran lapangan atau area olahraga lompat tinggi, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai olahraga atletik dan lompat tinggi. Siapa tau setelah membaca informasi ini anda bisa tertarik dengan olahraga lompat tinggi.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lapangan Pada Lompat Tinggi"

Posting Komentar