2 Cara Memegang Bet Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


gambar 2 Cara Memegang Bet Tenis Meja,

Kayu pemukul atau dinamakan dengan bet merupakan salah satu alat yang digunakan dalam permainan tenis meja, bet ini terbuat dari kayu, berat, dan bentuk tidak mempunyai ukuran tertentu. Akan tetapi bet ini mempunyai ketentuan-ketentuan tersendiri, yaitu :


  • Kayu pemukul harus berwarna tua atau pudar, tidak boleh menyilaukan atau mengkilat.
  • Pemukul yang kedua bidangnya dilapisi oleh karet, lapisan karet dan bintik-bintiknya yang menonjol keluar tidak boleh melebihi 2 mm. Bila dilapisi lagi dengan karet busa (sandwich), tebal seluruhnya tidak boleh lebih dari 4 mm pada masing-masing bidang.

Salah satu teknik yang sangat mendasar yang berhubungan dengan bet ini ialah cara memegangnya, cara memegang bet akan menentukan gaya bermain seseorang dan kenyamanan saat memukul bola. Pada umumnya terdapat dua cara memegang bet tenis meja yang banyak digunakan oleh pemain, yaitu shakehand grip dan penholder grip.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:

Shakehand grip atau cara memegang bet tenis meja seperti sedang berjabat tangan, cara ini banyak digunakan oleh pemain karena cara memegangnya yang mudah. Gaya ini sangat populer di negara-negara barat. Dengan grip ini kita dapat melakukan forehand stroke dan backhand stroke tanpa mengubah grip. Gagang bet tenis meja dipegang melingkar oleh ibu jari dan ketiga jari lainnya. Jari telunjuk terpisah menahan di belakang bet. Posisi bet berdiri dan mengarah ke depan dan ke belakang pemain.

Penholder grip merupakan gaya atau cara memegang bet tenis meja seperti sedang memegang pena saat menulis, Cara memegang ini populer di Asia. Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat di gunakan. Gagang bet tenis meja dipegang melingkar oleh ibu jari dan jari telunjuk. Ketiga jari lainnya menahan di belakang gagang bet. Biasanya, pegangan seperti ini digunakan oleh pemain tipe menyerang dengan pukulan forehand drive.

Itulah dua macam cara memegang bet tenis meja yang banyak digunakan oleh pemain-pemain tenis meja dunia. Silahkan pilih cara memegang bet mana yang jadi andalan anda saat bermain tenis meja gaya Shakehand grip atau gaya Penholder grip.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "2 Cara Memegang Bet Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar