Ukuran Lengkap Lapangan Lempar Cakram



Bagikan:


Ilustrasi lempar cakram [image by Tribunnews.com], 

Setelah kita membahas tentang bentuk dari lapangan lempar cakram, dimana lapangan lempar cakram mempunyai bentuk kerucut dan sama dengan bentuk lapangan pada cabang olahraga tolak peluru, lempar lembing, dan lempar martil. Sekarang kita akan membahas tentang ukuran lapangan lempar cakram.


Lapangan lempar cakram mempunyai ukuran yang hampir sama dengan lapangan lempar martil, tepatnya mempunyai sudut area lemparan yaitu 34,92 derajat. Selain itu pada bagian sudut atau disekitar lingkaran tempat atlet melempar cakramnya terdapat semacam jaring pengaman disekitarnya untuk melindungi orang disekitar.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lempar Cakram dibawah ini:
Untuk lebih jelas lagi mengenai ukuran lengkap dari lapangan lempar cakram, perhatikan gambar dibawah ini.
Gambar lapangan lempar cakram beserta ukurannya, 

Pada gambar lapangan lempar cakram diatas dapat kita lihat ukuran lengkap dari lapangan lempar cakram, dimana ukuran diameter lingkaran tempat tolakan yaitu sekitar 2.5 meter. Sementara itu jarak antara jaring pengaman dengan titik tengah lingkaran yaitu 3 meter, sedangkan garis putih yang terdapat di samping lingkaran berukuran panjang 75 cm.

Jarak antara dua ujung jaring yang mengarah ke lapangan sekitar 6 m dan panjang antara ujung jaring hingga titik tengah lingkaran sepanjang 7 m. Seperti yang telah disinggung diatas bahwa sudut area lemparan sekitar 34,92 derajat dengan panjang area lemparan dari titik tengah lingkaran hingga keluar sepanjang 80 meter.

Itulah penjelasan singkat mengenai ukuran lengkap lapangan lempar cakram, semoga penjelasan ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian dan dapat menjawab pertanyaan serta penasaran anda tentang berapa ukuran lengkap lapangan lempar cakram.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Ukuran Lengkap Lapangan Lempar Cakram"

Posting Komentar