Bentuk Lapangan Tolak Peluru



Bagikan:


gambar lapangan tolak peluru

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga. Secara garis besar jenis olahraga dalam atletik dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu lari, lempar, dan lompat. Olahraga yang termasuk dalam kelompok lempar yaitu lempar martil/peluru, lempar lembing, lempar cakram, dan tolak peluru.


Dikatakan bahwa tolak peluru adalah nomor lempar karena nomor tolak peluru dilemparkan dengan cara ditolakkan atau didorong menggunakan tangan. Tujuan melakukan tolak peluru adalah menghasilkan jarak tolakan yang sejauh-jauhnya.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Olahraga Tolak Peluru dibawah ini:

Sama halnya dengan olahraga lainnya seperti lempar cakram, tolak peluru juga memerlukan lapangan khusus untuk memainkannya. Bentuk lapangan pada olahraga tolak peluru ini hampir sama dengan bentuk lapangan pada olahraga jenis lempar lainnya, yang membedakannya hanya pada ukuran area lapangan yang lebih kecil. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar diatas.

Bentuk lapangan tolak peluru berbentuk segitiga atau kerucut, pada bagian ujungnya terdapat sebuah lingkaran yang merupakan wilayah lemparan untuk atlet. Atlet tidak boleh melewati lingkaran tersebut saat melakukan tolakan, jika melewati lingkaran akan diberikan sanksi. Pada bagian depan lingkaran terdapat seperti balok yang tingginya sekitar 112 mm.

Tidak seperti pada wilayah lingkaran pada lempar martil, dan lempar cakram, wilayah lingkaran pada tolak peluru tidak dilengkapi dengan jaring. Hal ini disebabkan karena peluru yang dilemparkan tidak membahayakan orang disekitar, kecuali pada area lemparan. Untuk ukuran lapangan akan dibahas pada postingan berikutnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai bentuk lapangan tolak peluru, semoga penjelasan tersebut dapat menjawab pertanyaan dan rasa penasaran anda mengenai bentuk lapangan tolak peluru. Ikuti terus postingan-postingan terbaru dari kami di blog ini.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Lapangan Tolak Peluru"

Posting Komentar