Teknik Melakukan Lompat Tinggi Gaya Putar



Bagikan:


Ilustrasi lompat tinggi gaya straddle, 

Lompat tinggi gaya putar sering juga disebut dengan dengan straddle. Selain gaya putar, dalam olahraga lompat tinggi juga dikenal tiga gaya lainnya antara lain gaya gunting (eastern cut off); gaya guling (western); dan gaya telentang (flop). Dari keempat gaya tersebut, yang paling banyak digunakan oleh para atlit lompat tinggi adalah gaya guling (western) dan gaya putar (straddle).


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lompat tinggi dengan gaya putar. Seperti pada gaya lainnya, tujuan menggunakan gaya lompat tinggi gaya putar adalah mempermudah atlit untuk melewati mistar lompat. Bagaimana cara untuk melakukan gaya putar dalam lompat tinggi? berikut ini akan diuraikan caranya.

Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
1. Teknik awalan

Tujuan melakukan teknik awalan ialah menciptakan arah gerak horizontal yang optimal, mempersiapkan diri untuk melakukan tolakan, dan mempersiapkan diri untuk memperoleh sudut lepas yang tepat. Adapun tahapan gerak awalan, yaitu tahap pengembangan kecepatan awalan dan tahap persiapan untuk menolak.

Tahap pengembangan kecepatan dilakukan 3-4 langkah menjelang tolakan. Gerakan ini ditandai dengan mengubah posisi badan dari condong ke depan menjadi tegak. Kecepatan awalan biasanya tidak terlalu cepat atau lambat. Sudut awalan yang efektif untuk lompat tinggi gaya guling adalah 40-60 derajat.

2. Teknik tolakan

Tujuan utama tolakan ialah mengubah arah gerak horizontal menjadi vertikal, mengembangkan kecepatan menolak, dan memperoleh waktu untuk memutar tubuh saat melewati mistar. Caranya sebagai berikut.

  • Langkah terakhir menjelang tolakan diperlebar.
  • Sikap badan agak condong ke belakang.
  • Gerakkan kaki ayun dalam keadaan lurus tetapi rileks.
  • Setelah kaki ayun terangkat, angkat kaki ayun sampai melebihi kepala dan melewati mistar sebelum bagian tubuh yang lainnya.
3. Teknik melewati mistar

Setelah mencapai titik maksimal, putarkan badan dengan kepala terlebih dahulu melewati mistar, kemudian dilanjutkan dengan perut dan dada dalam posisi menghadap ke bawah. Kaki tumpuan diangkat sehingga dalam posisi kangkang.

4. Teknik mendarat

Teknik mendarat dapat dilakukan dengan menjatuhkan punggung pada matras. Selain itu, pendaratan juga dapat dilakukan dengan menjatuhkan pundak yang dilanjutkan dengan berguling.

Itulah teknik cara melakukan lompat tinggi gaya putar, memang kita tidak akan langsung bisa untuk melakukannya, perlu latihan secara terus menerus serta didukung oleh kemauan agar dapat menguasai gaya lompat tinggi gaya putar tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs/ Jaja Sudarja Husdarta, Eli Maryani; ilustrator, Tim Redaksi.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Lompat Tinggi Gaya Putar"

Posting Komentar