Macam-Macam Gaya Dalam Olahraga Lompat Tinggi



Bagikan:


Lompat Tinggi [image by landejavu.wordpress.com], 

Terdapat banyak olahraga dalam atletik, setiap olahraga tersebut terbagi menjadi beberapa bagian misalnya lari, lompat, dan lempar. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas olahraga lompat dalam atletik, khususnya lompat tinggi. Seperti pada olahraga atletik lainnya, lompat tinggi juga mempunyai beberapa gaya yang digunakan oleh atlitnya. Apa saja gaya yang ada dalam lompat tinggi? mari kita lihat bersama.


Lompat tinggi adalah suatu gerakan mengangkat tubuh dari suatu titik ke titik yang lain, yang lebih jauh atau tinggi, dengan awalan lari cepat atau lambat dengan menumpu satu kaki dan mendarat dengan kaki atau anggota tubuh yang lainnya dengan keseimbangan yang lain. Dalam lompat tinggi dikenal 4 (empat) gaya, antara lain:

  • Gaya gunting (eastern cut off);
  • Gaya guling (western);
  • Gaya putar (straddle);
  • Gaya telentang (flop).
Pada umumnya, banyak pelompat tinggi menggunakan gaya putar (straddle) dan gaya telentang (flop).
Informasi menarik lainnya tentang olahraga atletik nomor Lompat Tinggi atau High Jump, bisa teman-teman baca dibawah ini.
Itulah penjelasan singkat mengenai macam-macam gaya dalam olahraga lompat tinggi, dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui sekarang bahwa dalam lompat tinggi terdapat empat gaya yaitu gaya gunting, gaya putar, gaya guling, dan gaya telentang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman dan menambah wawasan kita tentang olahraga lompat jauh.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs/ Jaja Sudarja Husdarta, Eli Maryani; ilustrator, Tim Redaksi.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Macam-Macam Gaya Dalam Olahraga Lompat Tinggi"

Posting Komentar