Yang Perlu Diperhatikan Agar Mendapatkan Hasil Maksimal Dalam Lari Jarak Menengah



Bagikan:


Lari jarak menengah [image by sigmanet-pbl.blogspot.com], 
Lari jarak menengah adalah lari yang dilakukan pada lintasan melingkar atau track dengan menempuh jarak 800 m dan 1500 m. Pada lari jarak menengah menggunakan start berdiri dan pelari selain memiliki kecepatan dituntut memiliki ketahanan yang relatif baik karena pelari harus mampu melakukan lari dari start hingga finis dengan kecepatan relatif cepat.

Setelah kita mengetahui beberapa teknik dasar dalam lari jarak menengah serta kita juga telah melakukan beberapa bentuk latihan. Kini saatnya kita dapat bertanding dalam lari jarak menengah, akan tetapi sebelum melakukan perlombaan ada beberapa hal yang perlu kita pelajari.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Jarak Menengah dibawah ini:
Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam lari jarak menengah, kita perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.
  • Larilah di sisi yang paling dalam dari lintasan.
  • Secepat mungkin mengambil posisi sebagai pelari terdepan atau mengikuti pelari terdepan.
  • Jika ingin melampaui lawan, lakukanlah dengan cepat. Sebaiknya dilakukan pada lintasan lurus, jangan di tikungan.


  • Usahakan agar kecepatan lari tetap mulai dari start sampai kurang 200 m finish, mulai dari sini untuk mengejar atau meninggalkan lawan, dan melakukan lari cepat kira-kira 50 m menjelang finish.
  • Jika di depan dan samping tertutup lawan, perlambat sedikit kemudian pada lintasan lurus berusaha secepat mungkin melampaui lawan sampai lebih kurang 5 m di depannya. Selanjutnya, lari dengan kecepatan penuh sampai sekurang-kurangnya 5 m sesudah garis finish, lebih-lebih jika terjadi beberapa pelari hampir bersamaan mencapai garis finish.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Yang Perlu Diperhatikan Agar Mendapatkan Hasil Maksimal Dalam Lari Jarak Menengah"

Posting Komentar