Teknik Renang Gaya Dada



Bagikan:


Gambar ilustrasi renang gaya dada [Image by www.suaramerdeka.com], 
Gaya dada adalah gaya renang pertandingan pertama yang berkembang. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang paling lambat diantara empat gaya yang ada, namun dapat dikatakan paling unik. Renang gaya dada sering disebut dengan istilah breast stroke. Apabila kita melihat sepintas gerakan renang gaya dada hampir mirip dengan gerakan katak. Oleh karena itu, renang gaya dada sering disebut juga renang gaya katak.

Untuk bisa melakukan renang gaya dada didalam air, seorang perenang harus menguasai teknik-teknik dalam renang gaya dada. Terdapat beberapa teknik dalam renang gaya dada yang harus dipelajari, yaitu sikap tubuh, gerakan kaki dan tangan, dan gerakan koordinasi. Berikut penjelasannya.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Renang Gaya Dada dibawah ini:
1. Sikap tubuh

Ketika kedua lengan lurus di depan, sebagian besar dari kepala di bawah permukaan air, posisi bahu dan pinggul sedikit berada di permukaan air (streamline). Saat mengambil napas, kedua lengan melakukan rangkaian gerak mendayung keluar hingga kembali ke posisi istirahat untuk lurus di depan mengambil udara dari atas permukaan air cukup dengan mengangkat bagian kepala dengan leher.

2. Gerakan kaki

Gerakan kaki pada gaya ini adalah gerakan kaki yang cenderung membentuk gerakan kaki katak, dimana pada saat istirahat, yaitu fase ketika kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik serentak mendekati pinggul, kemudian pergelangan kedua kaki diputar mengarah ke luar sudut membentuk sudut 500, kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerak menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus di belakang.

Gerak ini sering disebut dengan istilah propeller, dimana pergelangan kaki dan tungkai kaki bagian bawah berfungsi sebagai alatnya.


3. Koordinasi renang gaya dada

Koordinasi gerak antara kaki dengan napas dilakukan dengan dua cara, yaitu ada yang melakukan kendali pada kepala, dimana kepala diangkat, kedua kaki mengikuti dengan menarik ke arah pinggul dan kepala kembali masuk ke permukaan air, kedua kaki melalui sikap kedua pergelangan kaki mengarah keluar melakukan tendangan hingga berakhir lurus ke belakang.



Daftar pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Teknik Renang Gaya Dada"

  1. good information nih artikelnya untuk para pecinta renang.Nah bagi para pecinta renang yang ingin membeli perlengkapan renang langsung kunjungi http://sukaoutdoor.com banyak perlengkapan renang lho

    BalasHapus