Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Push Stroke, Drive Stroke, dan Block Stroke Dalam Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Meja [Image by sport.news.viva.co.id],

Olahraga tenis meja dimainkan dengan menggunakan bet yang dilapisi karet untuk memukulkan bola agar melewati net yang dibentangkan di atas meja. Tenis meja dikenal pula dengan istilah ping pong. Dalam permainan tenis meja terdapat beberapa teknik pukulan dasar (stroke) yang harus dikuasai.


Dalam permainan tenis meja seseorang akan mendapatkan angka jika dapat melakukan servis dengan baik atau dapat mengembalikan bola dengan baik, sedangkan lawan tidak dapat mengembalikannya dengan baik. Permainan tenis meja menggunakan sistem reli poin. Teknik pukulan tersebut antara lain servis, spin, push, block, drive, chop, dropshot, chopped smash, flat hit, looped drive, dan flick.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
1. Pukulan Push

Pukulan push atau Push stroke adalah pukulan dengan dorongan bet. Pukulan ini merupakan pukulan yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Dengan pukulan push, pemain mampu melakukan kontrol bola dan koordinasi sentuhan bola serta mengembangkan irama permainan.

Pukulan push dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand. Kedua pukulan ini prinsipnya sama dengan sedikit perbedaan pada sikap langkah kaki. Cara melakukan pukulan forehand push adalah sebagai berikut.

  • Ambil posisi menghadap ke sisi, jarak antara kedua kaki sedikit lebih lebar dari pada jarak kedua bahu. Bahu diputar ke sisi sehingga searah dengan kaki. Bet dipegang dengan sudut terbuka.
  • Tubuh sebelah atas diputar ke depan dan bahu digerakkan menuju arah bola.
  • Pada saat memukul, semua lengan membentuk sudut siku yang sama besarnya. Sikap ini terus dipertahankan sampai pemain memindahkan berat badannya.
Sedangkan, cara melakukan pukulan backhand push adalah sebagai berikut.
  • Sikap badan membentuk sikap persegi empat dengan jarak antara kedua belah kaki lebih lebar dari pada jarak bahu.
  • Atur posisi sedemikian rupa hingga bola dapat dipukul disebelah kanan tubuh. Bola dipukul dengan sudut terbuka dan digerakkan oleh pergerakan siku.
2 Pukulan Drive

Pukulan drive yaitu pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan ekras. Pukulan ini dapat digunakan untuk menyerang dan mengembangkan bola lawan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan forehand maupun backhand. Cara melakukan pukulan drive pada tenis meja adalah.

  • Mengambil posisi dengan kedua belah kaki menghadap ke sisi. Kedua bahu searah dengan arah kedudukan kaki.
  • Dengan lengan membentuk sudut 160 derajat pada siku. Lakukan pukulan dengan pukulan sedikit disebelah bawah bola. Dengan bergerak maju ke depan, bet akan menyentuh bola pada waktu bola menyentuh ketinggian.
3. Pukulan Block

Pukulan block dapat digunakan untuk menetralisir kekuatan, kecepatan, dan spin bola agar dapat terkontrol dengan baik, serta mampu mengembalikan bola ke arah lawan. Pukulan block dapat dilakukan pula dengan forehand dan backhand.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Postingan Terkait:

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Pengertian dan Cara Melakukan Pukulan Push Stroke, Drive Stroke, dan Block Stroke Dalam Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar