Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center



Bagikan:


gambar ilustrasi pemain tenis meja

Tenis meja atau pingpong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan secara perorangan (untuk tunggal) atau beregu (untuk ganda). Di Tiongkok, nama resmi olahraga ini ialah "bola ping pong" (Tionghoa: Pinyin: pīngpāng qiú). Salah satu teknik dasar dalam permainan tenis meja yang perlu dikuasai adalah memegang bet atau alat pemukul bola tenis meja.


Dalam permainan tenis meja, teknik ini sangat pentinga pada saat akan memukul bola kembalian dari lawan atau memukul bola untuk mematikan lawan dam mendapatkan angka. Dengan menggunakan teknik pegangan yang pas maka akan menentukan kualitas pukulan nantinya. Adapun cara memegang bet tenis meja ada dua macam, antara lain sebagai berikut.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Meja dibawah ini:
1. Penholder grip (Pegangan tangkai pena)

Gagang bet tenis meja dipegang melingkar oleh ibu jari dan jari telunjuk. Ketiga jari lainnya menahan di belakang gagang bet. Biasanya, pegangan seperti ini digunakan oleh pemain tipe menyerang dengan pukulan forehand drive.

2. Shakehand grip (Pegangan jabat tangan)

Gagang bet tenis meja dipegang melingkar oleh ibu jari dan ketiga jari lainnya. Jari telunjuk terpisah menahan di belakang bet. Posisi bet berdiri dan mengarah ke depan dan ke belakang pemain.

Itulah cara memegang bet dalam permainan tenis meja dari dua cara yang biasanya digunakan para pemain tenis meja dunia, yaitu pegangan tangkai pena serta pegangan jabat tangan. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai olahraga tenis meja.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Yusuf Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, Rizal Alamsyah; ilustrator, Tim Redaksi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Cara Memegang Bet Dalam Permainan Tenis Meja | Edukasi Center"

Posting Komentar