Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah | Edukasi Center



Bagikan:


lari jarak menengah [image by Saibumi.com], 
Setelah kita mengetahui tentang teknik-teknik dasar dalam lari jarak menengah berupa teknik dasar start lari jarak menengah, teknik dasar lari jarak menengah, dan teknik dasar finish lari jarak menengah, pada kali ini kita akan melakukan bentuk latihan lari jarak menengah.

Latihan lari jarak menengah mempunyai beberapa bentuk, tujuan dari latihan ini agar supaya kita dapat lebih menguasai lagi teknik-teknik dasar lari jarak menengah diatas. Selain itu latihan ini juga untuk melatih kita agar terbiasa berlari dengan jarak cukup jauh.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Perlombaan Lari Jarak Menengah dibawah ini:

Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah 800 m

  • Berlari menempuh jarak 1.200 m sampai 2000 m dengan kecepatn lebih lambat dari kecepatan lari 800 m. Latihan ini untuk meningkatkan daya tahan, menguatkan otot-otot, dan menguatkan organ tubuh lainnya.
  • Berlari menempuh jarak 1.200 m, 1.600 m, atau 2.000 m dengan kecepatan lebih kurang setengah kecepatan lari 800 m. Latihan ini untuk menyesuaikan diri pada lapangan, memantapkan gaya dan irama lari, serta menyelaraskan pernapasan dengan gerakan kaki dan tangan.
  • Berlari dengan jarak 1.000 m sampai 1.200 m dengan kecepatan lebih kurang tiga perempat dari kecepatan lari 800 m dan dilakukan dua kali seminggu. Latihan ini untuk memelihara stamina tubuh.
  • Berlari jarak pendek 100 m sampai 400 m dengan kecepatan sprint. Latihan ini untuk meningkatkan kecepatan.


Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah 1.500 m

  • Berlari menempuh jarak 2.000 m sampai 3.000 m dengan kecepatan lebih lambat dari kecepatan lari 1.500 m. Latihan ini untuk meningkatkan daya tahan, menguatkan otot-otot, dan menguatkan organ lainnya.
  • Berlari menempuh jarak 2.000 m, 2.400 m atau 3000 m dengan kecepatan setengah dari kecepatan lari 1.500 m. Latihan ini untuk menyesuaikan diri dengan lapangan, memantapkan gaya dan irama lari, serta menyelaraskan pernapasan dengan gerakan kaki dan tangan.
  • Berlari menempuh jarak 2.000 m sampai 2.400 m dengan  kecepatan tiga perempat dari kecepatan lari 1.500 m dan dilakukan dua kali seminggu. Latihan ini untuk memelihara stamina tubuh.
  • Berlari jarak pendek 100 m sampai 400 m dengan kecepatan sprint. Latihan ini untuk meningkatkan kecepatan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Bentuk Latihan Lari Jarak Menengah | Edukasi Center"

Posting Komentar