Peraturan Dalam Permainan Bola Voli



Bagikan:


Pertandingan bola voli, 

Sama halnya dengan permainan atau olahraga lainnya, dalam permainan bola voli juga mempunyai peraturan-peraturan baku yang harus dipatuhi oleh setiap pemain bola voli. Apakah dalam pertandingan bola voli resmi atau dalam pertandingan bola voli yang tidak resmi.


Peraturan permainan bola voli menggunakan aturan-aturan yang telah dibakukan dan dikeluarkan oleh IVBF. Beberapa peraturan permainan bola voli adalah sebagai berikut.

  1. Bola dapat disentuh dan dimainkan oleh setiap anggota bagian badan (kaki, kepala, punggung, dan sebagainya).
  2. Setiap pelanggaran (kesalahan) dalam bermain akan dikenai hukuman, yaitu setiap kali mati atau mematikan lawan dihitung poin atau disebut rally point.
  3. Pada sentuhan pertama oleh suatu regu, bola dapat menyentuh salah satu bagian dari tubuh secara berturut– turut, asalkan pantulan tersebut terjadi pada satu gerakan, termasuk memainkan bola dengan jari. Yang dimaksud dengan pantulan bola pertama adalah penerimaan bola dari servis, bola serangan, pukulan bola yang datang dari block lawan, dan pukulan bola yang datang dari block regunya sendiri.
  4. Kesalahan pada waktu bermain di dekat net, yaitu pemain menyentuh net atau tiang ketika bola dimainkan, kaki pemain melewati garis tengah lapangan, dan mengganggu lawan dengan menyentuh bola dari bawah net, atau tangan pemain melewati net ketika menyelesaikan serangan.
  5. Kesalahan ketika bermain yaitu bola dipukul ganda, bola dipukul melewati antena, bola dipukul ke luar lapangan dan pergantian pemain tidak seizin wasit.
  6. Kesalahan ketika melakukan servis yaitu menginjak garis belakang ketika memukul bola, bola menyangkut net atau bola jatuh di lapangan sendiri, bola keluar lapangan.
Terdapat pula beberapa peraturan lainnya yang berkaitan dengan jalannya permainan, yaitu sebagai berikut:
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Bola Voli dibawah ini:
1. Penggeseran Pemain

Bila regu penerima servis memenangkan permainan maka pemainnya diberi hak untuk berpindah satu posisi dengan cara bergeser searah jarum jam, misalnya posisi satu melakukan servis, posisi 6 bergeser ke posisi 5.

2. Lama Permainan

Lama permainan ditentukan oleh set, dalam satu set jumlah poinnya 15 poin atau 25 poin (rally point) yang harus dimenangkan oleh setiap regunya. Terkecuali jika terjadi deuce 14 : 14 (24 : 24). Untuk menentukan pemenang dalam satu pertandingan dapat menggunakan sistem:

  • two winning set (dua set langsung kemenangan), dan
  • three winning set (tiga set langsung kemenangan).
3. Pemimpin Pertandingan
Jalannya pertandingan bola voli dipimpin oleh:
  • satu orang wasit pemimpin pertandingan (wasit pertama) dan satu orang wasit pembantu (wasit kedua),
  • empat orang penjaga garis, dan
  • satu orang petugas pencatat hasil.
4. Peraturan Permainan
  • Setiap regu berhak memainkan bola sebanyak-banyaknya tiga kali.
  • Seorang pemain tidak boleh memainkan bola lebih dari satu kali berturutturut.
  • Regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan berhak menambah satu angka/poin.
  • Bola dalam permainan hidup selama bola itu belum menyentuh tanah, dinding, atau benda lainnya.
5. Sistem Rally Point
  • Sistem rally point adalah suatu sistem pertandingan yang jumlah setiap setnya adalah 25 angka kecuali terjadi angka 24 : 24 (deuce).
  • Setiap regu lawan atau bertahan melakukan kesalahan atau pelanggaran ketika sedang memainkan bola maka regu yang tidak melakukan kesalahan memperoleh tambahan satu angka.
6. Jumlah Pemain
Setiap regu berjumlah enam orang dan jumlah pemain cadangan enam orang.

Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Untuk SMA/MA/SMK/MK Kelas XI Semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Dalam Permainan Bola Voli"

Posting Komentar