Peraturan Dalam Olahraga Bola Basket | Edukasi Center



Bagikan:


Ilustrasi Basket [Image by www.beritasatu.com],

Dalam permainan olahraga bola basket, selain kita perlu menguasai teknik dalam bermain, kita juga perlu mengetahui apa saja peraturan yang harus kita patuhi dalam bermain bola basket ini. Terdapat beberapa peraturan yang ada dalam olahraga bola basket, yaitu sebagai berikut :


1. Lapangan bola basket

Lapangan permainan terdiri atas lantai yang datar, keras dan bebas dari rintangan sampai ketinggian kurang lebih 7 meter, ukuran lapangan berbentuk empat persegi panjang dengan panjang 28 meter dan lebar 15 meter. Ukuran ini masih bisa dimodifikasi asal sesuai proporsinya, misalnya 26 m x 14 m ; 24 m x 13 m atau 20 m x 11 m.

Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.
2. Waktu permainan

Pertandingan terdiri atas dua babak yang masing-masing memakan waktu 20 menit dan 10 menit istirahat di antara kedua babak. Organisasi nasional maupun lokal diijinkan untuk memperpanjang waktu dari 2 babak menjadi 4 babak, yang masing-masing babak 10 menit, atau dua babak yang masing-masing babak 22 menit. Khusus untuk bola basket mini dilaksanakan 4 babak, tiap babak 10 menit dengan waktu istirahat 2 menit

3. Bola lompat (Jump ball)

Jump ball adalah bola yang dilambungkan oleh wasit 1 ke udara di antara dua pemain yang berlawanan, bola harus disentuh salah satu orang pemain setelah mencapai titik tertinggi. Bila bola jatuh ke lantai tanpa disentuh salah satu pemain maka wasit harus mengulanginya. Jump ball dilaksanakan pada saat:

  • permulaan permainan dan sesudah istirahat, dan
  • dua orang pemain yang berlawanan memegang bola secara bersamaan.
4. Angka (nilai)

Gol terjadi kalau bola masuk ke dalam keranjang dari atas jatuh melewati jaring. Gol yang terjadi dari tembakan lapangan mendapat nilai 2, sedangkan gol yang terjadi dari hasil tembakan hukuman mendapat nilai 1.

Gol yang terjadi dari tembakan lapangan dari luar batas three point mendapat nilai 3. Setelah terjadi gol dari tembakan lapangan, maka regu yang kemasukan segera memainkan bola kembali dari garis akhir, dalam tempo 5 detik.

5. Bola dalam permainan
Bola dalam permainan apabila:
  • Wasit menempati posisinya pada waktu melakukan bola lompat (jump ball).
  • Wasit menempati posisinya pada waktu melakukan tembakan bebas.
  • Pada suatu throw in dari luar lapangan, bola dipegang oleh pemain yang berhak untuk memainkan.
6. Bola hidup
Bola menjadi hidup dalam permainan apabila:
  • Setelah mencapai titik tertinggi dan disentuh oleh seorang pemain pada waktu jump ball.
  • Wasit menyerahkan bola kepada penembak.
  • Operan dari luar lapangan dan bola menyentuh seorang pemain di lapangan bebas.
7. Bola mati

Bola mati apabila suatu gol terjadi, terjadinya suatu pelanggaran, terjadi suatu kesalahan, terjadi bola pegang atau bola menyangkut di ring, wasit menyembunyikan peluit tanda berakhirnya pertandingan, dan bunyi isyarat dari operator pada waktu terjadinya peristiwa 30 detik di mana bola sedang hidup.

8. Tembakan bebas

Tembakan bebas adalah kesempatan yang diberikan kepada seorang pemain untuk melakukan tembakan tanpa rintangan, gol dari tembakan bebas mendapat nilai 1.

9. Pelanggaran

Pelanggaran adalah sebuah penyimpangan dari peraturan-peraturan permanen. Hukuman yang diberikan adalah kehilangan bola bagi regu yang melakukan pelanggaran.

10. Kesalahan (foult)

Kesalahan perorangan (personal foult) adalah kesalahan seorang pemain yang mengadakan sentuhan dengan pemain lawan, sekalipun pada saat ditentukan bola mati atau bila waktu sudah habis.

Misalnya memblok, memegang, mendorong, menubruk, melompati, merintangi majunya lawan dengan merentangkan tangan, bahu, pinggul atau lutut secara tidak wajar. Bila seorang pemain bersinggungan dengan pemain yang sedang membawa bola atau melakukan tembakan, maka diberikan hukuman tembakan bebas.

11. Peraturan tiga detik (three second)

Pemain dilarang berada lebih dari tiga detik dalam daerah bersyarat lawannya, yaitu daerah di antara garis akhir dan tepi yang terjauh dari garis tembakan bebas pada waktu bola berada dalam teman seregunya. Ini berlaku untuk seluruh keadaan luar lapangan, dan hitungan tiga detik dimulai pada waktu pemain yang memainkan bola berada di luar lapangan dan menguasainya.

12. Peraturan lima detik (5 detik)

Apabila seorang pemain memegang bola , dalam tempo 5 detik bola harus segera dimainkan, dioperkan kepada teman, atau didribbling.

13. Peraturan sepuluh detik (10 detik)

Suatu regu yang menguasai bola di bagian belakang harus segera memainkan bola sampai melewati garis tengah.

14. Peraturan tiga puluh detik (30 detik)

Bila suatu regu dalam penguasaan bola, maka dalam 30 detik bola harus dilaksanakan percobaan penembakan ke ring basket lawan.

15. Peraturan melemparkan bola kembali ke belakang (back ball)

Seorang pemain yang sedang menguasai bola dan berada di garis depan tidak diperbolehkan mengembalikan bola kembali ke belakang sampai melewati garis tengah, termasuk untuk lemparan dari luar lapangan (throw in).

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Peraturan Dalam Olahraga Bola Basket | Edukasi Center"

Posting Komentar