Teknik Dasar Menahan, Menggiring dan Menyundul Bola Dalam Sepakbola



Bagikan:


gambar ilustrasi sepak bola [Image by health.kompas.com],

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua tim dimana masing-masing tim diperkuat oleh sebelas pemain termasuk pemain yang bertugas untuk menjaga gawang atau biasa disebut dengan kiper. Untuk bisa mahir dalam olahraga olah bola ini, setiap pemain wajib hukumnya untuk menguasai beberapa teknik dasar dalam sepak bola.


Beberapa teknik dasar yang wajib dikuasai ialah teknik dasar menahan bola, menggiring bola, menyundul bola, dan menendang bola. Teknik menahan bola atau mengontrol bola ada dua cara yaitu menahan bola dengan dasar kaki dan menahan bola dengan kura-kura kaki. Berikut ini penjelasan dan cara melakukan kedua teknik menahan bola tersebut.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
1. Teknik dasar menahan bola dengan dasar kaki

Badan menghadap ke arah datangnya bola. Angkat salah satu kaki dengan telapak kaki menghadap ke depan dan lutut agak ditekuk. Usahakan badan berada pada kaki yang satunya/kaki tumpu. Teknik ini dapat digunakan untuk menahan bola yang jatuh dan bola datar.

2. Teknik menahan bola dengan kura-kura kaki

Caranya, kaki yang digunakan untuk menahan bola diangkat dan dibawa ke arah jatuhnya bola. Ketika bola akan kontak dengan kaki, kaki diturunkan dan dihentikan dengan kura-kura kaki. Menggiring bola, yaitu gerakan mendorong bola ke depan variasi ke samping sambil berlari sehingga bola bergulir di atas tanah dan selalu dalam penguasaan pemain. Dalam menggiring dapat menggunakan berbagai kaki (dalam, luar, kura-kura).

Gerakan menyundul bola dapat dilakukan dengan cara di tempat ataupun berlari. Cara melakukannya:
  1. Berdiri dengan kedua kaki dibuka dan kedua lengan di samping badan
  2. Lentingkan pinggang ke belakang dan kuatkan otot leher
  3. Arah pandangan pada bola
  4. Gerakkan pinggang ke depan hingga dahi menyongsong arah datangnya bola.
  5. Gerakkan badan ke depan bawah serta luruskan lutut hingga kedua tumit terangkat.
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Menahan, Menggiring dan Menyundul Bola Dalam Sepakbola"

Posting Komentar