Teknik Dasar Jump Shoot Dalam Bola Basket



Bagikan:


Ilustrasi Basket [Image by www.beritasatu.com], 

Jenis tembakan ini merupakan teknik tembakan yang cukup sulit dilakukan, karena merupakan gerakan yang kompleks. Gerakan ini terdiri atas unsur loncatan, tembakan, dan ketepatan waktu pada saat melepaskan bola. Kombinasi ketiga unsur inilah yang menunjukkan keberhasilan tembakan. Teknik dasar menembak sambil meloncat dibagi menjadi dua macam, yaitu:


1. Teknik dasar menembak dengan satu tangan sambil meloncat

Teknik gerakannya meliputi:
  1. Posisi berdiri kaki selebar bahu dengan memegang bola pada dua tangan seperti akan menembak satu tangan.
  2. Tekuk lutut sehingga badan agak merendah.
  3. Bersamaan dengan mengangkat bola untuk ditembakkan, tolakkan badan lurus ke atas sehingga posisi berdiri di udara dengan kaki lurus.
  4. Pada saat titik tertinggi, sesaat berhenti di udara (sebelum kembali turun), itulah gerakan mendorong bola dengan meluruskan tangan kanan dan melecutkan bola dengan ujung-ujung jari menuju ke arah basket sebagai satu tembakan.
  5. Jangan lupa gerakan lanjutan dan mendarat lagi dengan dua kaki. 6) Pandangan selalu mengikuti jalannya bola.
Informasi menarik lainnya tentang permainan Bola Basket, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan tembakan satu tangan adalah loncatan kurang tinggi, melepas bola dengan gerakan meloncat, bola di samping kepala dan keseimbangan belum mantap, serta melepas bola bersamaan dengan naiknya badan ke atas (belum mencapai titik tertinggi).

2. Teknik dasar menembak dengan dua tangan sambil meloncat
Teknik gerakannya sebagai berikut.
  1. Berdiri dengan kaki sejajar atau sikap kuda-kuda. Apabila menggunakan sikap kuda-kuda, kaki yang di depan sesuai dengan tangan yang digunakan untuk menembak.
  2. Bola dipegang dengan kedua tangan di atas kepala sedikit di depan dahi. Siku lengan yang digunakan untuk menembak membentuk sudut 90 derajat.
  3. Lutut ditekuk agak dalam untuk mengambil awalan, siku masih membentuk sudut 90 derajat.
  4. Tembakan diawali dengan loncatan tegak lurus ke atas, dan bola dilepaskan pada saat penembak sampai pada titik tertingginya atau saat penembak berhenti di atas, saat di atas kaki lemas tergantung.




Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Dasar Jump Shoot Dalam Bola Basket"

Posting Komentar