Peraturan Permainan Sepak Bola



Bagikan:


gambar ilustrasi sepak bola [Image by health.kompas.com],

Terdapat beberapa hal yang diatur dalam pertandingan sepak bola agar membuat pertandingan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan semangat fair play, beberapa hal yang diatur diantaranya kick off, bola di luar dan didalam lapangan pertandingan, off side, lemparan ke dalam, tendangan bebas, tendangan gawang, dan tendangan sudut. Berikut ini penjelasan dari peraturan dalam pertandingan sepak bola tersebut.


1. Kick off
Tendangan pertama yang dilakukan oleh dua pemain satu regu di lingkaran tengah lapangan saat mulai permainan. Untuk memilih tempat dan tendangan permulaan harus ditetapkan oleh suatu undian dengan uang logam, kesebelasan yang memenangkan undian berhak memilih tempat atau tendangan permulaan. Lama permainan terbagi atas dua babak, masing-masing 45 menit. Waktu istirahat antara kedua babak adalah 15 menit (2 x 45 menit istirahat 15 menit).
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:
2. Bola di luar dan di dalam permainan

Bola di luar lapangan jika bola seluruhnya melampaui garis gawang atau garis samping, baik menggelinding di atas tanah maupun melayang di udara dan jika permainan dihentikan oleh wasit. Di luar hal-hal di atas bola ada di dalam permainan dari permulaan pertandingan sampai akhir pertandingan.

3. Off side
Seorang pemain berada pada posisi off side jika pemain tersebut pada saat menerima operan berada di daerah lawan dan hanya tinggal berhadapan dengan satu orang pemain lawan. kecuali:
  • Berada dibagiannya sendiri dari lapangan permainan.
  • Sekurang-kurangnya dua orang lawan yang lebih dekat daripada garis gawang.
  • Jika bola paling akhir disentuh atau dimainkan oleh lawan.
  • Jika ia langsung menerima bola dari suatu tendangan gawang, tendangan sudut, lemparan ke dalam, atau bola dijatuhkan oleh wasit.
4. Lemparan ke dalam (throw in)

Lemparan ke dalam terjadi apabila bola seluruhnya melampaui garis samping, baik bergulir di atas tanah maupun di udara. Seorang pemain lawan dari pihak pemain terakhir yang menyentuh bola berhak melakukan lemparan dengan dua tangan melalui atas kepala dari luar garis samping dengan arah bebas.

5. Tendangan bebas
Tendangan bebas dapat dibedakan sebagai berikut.
  • Tendangan langsung adalah tendangan bola mati yang dapat digunakan untuk mencetak gol langsung terhadap pihak bertahan.
  • Tendangan tidak langsung adalah tendangan bola mati yang tidak dapat untuk mencetak gol, kecuali apabila bola disentuh atau dimainkan pemain lain setelah ditendang sebelum memasuki gawang.
6. Tendangan gawang

Diberikan pada regu bertahan ketika bola melintasi garis gawangnya, sesudah disentuh terakhir kali oleh lawan. Tendangan dilakukan oleh seorang pemain dari sisi pertahanan, termasuk penjaga gawang.

7. Tendangan sudut

Jika bola seluruhnya melalui garis gawang kecuali antara kedua tiang gawang dan palang gawang, sedang bola terakhir dimainkan oleh pihak yang bertahan, maka salah seorang pemain dari pihak yang menyerang harus melakukan tendangan sudut.

8. Jumlah Pemain
  • Jumlah pemain setiap regu 11 orang termasuk satu orang penjaga gawang.
  • Jumlah pemain cadangan dari setiap regu adalah tujuh orang
9. Wasit
Pertandingan sepak bola dipimpin oleh satu orang wasit dan dibantu dua orang penjaga garis.
10. Lamanya Permainan
  • Lamanya permainan sepak bola 2 x 45 menit yang dibagi menjadi dua babak, masing-masing 45 menit, dengan diselingi waktu istirahat 15 menit.
  • Jika dalam pertandingan berakhir seri, akan diberikan tambahan waktu selama 2 x 15 menit.
  • Setelah perpanjangan waktu selama 2x15 menit, keadaan masih seri (berimbang) akan diadakan adu penalti.
11. Hukuman Penalti

Tendangan hukuman penalti dilakukan dari titik penalti yang berjarak 11 m ke arah gawang. Tendangan penalti dilakukan oleh satu orang pemain dan posisi penjaga gawang harus di garis gawang di bawah mistar gawang yang dijaganya. Hukuman itu dilakukan jika terdapat salah satu pemain bertahan melakukan kesalahan di daerah gawang.

12. Hands Ball
Seorang pemain dinyatakan hands ball jika lengannya menyentuh bola. Hukumannya adalah
  • tendangan bebas, jika tangan pemain menyentuh bola di luar daerah gawangnya sendiri;
  • tendangan penalti, jika pemain bertahan dan tangannya menyentuh bola di daerah gawangnya sendiri.
Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Aan Sunjata Wisahati, Teguh Santosa; editor, Is Maryanto; ilustrator, Falis.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Untuk SMA/MA/SMK/MK Kelas XI Semester 1 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

2 Responses to "Peraturan Permainan Sepak Bola"