Latihan Teknik Dasar Menyepak Dalam Olahraga Sepak Bola



Bagikan:


gambar ilustrasi sepak bola [Image by health.kompas.com],

Selain teknik menggiring dan beberapa teknik lainnya, satu lagi teknik yang mendasar dari seorang pemain sepak bola yaitu teknik dasar menyepak atau menendang bola. Teknik menyepak atau menendang ini sangat penting karena digunakan untuk mengumpan bola ke teman atau untuk mencetak gol.


Untuk bisa menguasai teknik ini, seorang pemain sepak bola dianjurkan untuk melatihnya secara rutin agar dapat terbiasa dalam menyepak bola. Teknik menyepak ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan bagian dalam kaki dan bagian luar kaki.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Sepak Bola dibawah ini:

Untuk latihannya, teknik dasar menyepak dikhususkan kearah sasaran yaitu gawang, menyepak kearah gawang menggunakan bagian dalam kaki dan bagian luar kaki. Berikut ini akan diuraikan secara singkat latihan menyepak kearah gawang dengan kaki dalam dan kaki luar.

Latihan menyepak kearah gawang dengan kaki bagian dalam

Kaki tumpu berada disebelah bola atau disamping bola. Berat badan pada kaki tumpu. Pandangan melihat ke bola, kaki untuk menyepak diayunkan kearah bola dengan ujung kaki ditarik. Ayunan diteruskan dengan kaki dalam menyentuh tengah-tengah bola. Latihan dilakukan menghadap ke gawang dengan jarak 5 – 10 meter.

Latihan menyepak kea rah gawang dengan kaki bagian luar

Kaki tumpu berada sedikit jauh dari bola, mata melihat bola dan tangan terbuka. Kaki untuk menyepak menyentuh (member tenaga pada bola) tidak ditengah-tengah tetapi disamping. Latihan dilakukan menghadap gawang dengan jarak 5 – 10 meter.


Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Latihan Teknik Dasar Menyepak Dalam Olahraga Sepak Bola"

Posting Komentar