Teknik Melakukan Permainan Net (Net Play) Dalam Permainan Bulutangkis (Badminton) | Edukasi Center



Bagikan:


netting dalam bulutangkis [image by sports.okezone.com],

Pukulan-pukulan dalam permainan net merupakan pukulan- pukulan yang sangat sulit dalam permainan bulu tangkis. Hal ini dikarenakan permainan net ini banyak memerlukan kecermatan dengan penuh perasaan (feeling).


Faktor tenaga tidak diperlukan sama sekali, akan tetapi perasaan tenang sangat menentukan keberhasilan pukulan net. Beberapa prinsip permainan net adalah :

  1. Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin;
  2. Lambungan shuttlecock harus serendah mungkin dengan net;
  3. Jatuhnya bola harus serapat mungkin dengan net.

Shuttlecock harus diambil sewaktu masih di atas karena apabila diambil setelah shuttlecock di bawah akan memperlambat tempo permainan dan dapat memberi kesempatan kepada lawan untuk maju mengambil shuttlecock.

Jatuhnya shuttlecock dibuat serapat mungkin dengan net sehingga lawan kesulitan untuk mengembalikannya. Karena terlalu mepet dengan net maka pengembalian shuttlecock lawan ada kemungkinan tanggung dan dapat dengan mudah kita sambar bola tersebut untuk mendapatkan poin.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Daru, Tito.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Melakukan Permainan Net (Net Play) Dalam Permainan Bulutangkis (Badminton) | Edukasi Center"

Posting Komentar