Perlengkapan Untuk Bermain Tenis



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Player [Image by www.telegraph.co.uk], 
Untuk bermain tenis ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan, diantaranya yaitu perlengkapan untuk bermain misalnya bola dan raket serta perlengkapan pemain misalnya pakaian serta sepatu. Berikut ini akan diuraikan perlengkapan-perlengkapan untuk bermain tenis tersebut.

Bola yang digunakan dalam permainan tenis berukuran sedang, yang terbuat dari karet berajut benang, dan berbulu-bulu pada permukaan luarnya. Diameter penampang bola adalah 6,35 - 6,66 cm. Pada tahun 2001, dikeluarkan ukuran bola tenis yang baru, yaitu dengan berat 56,70 gram dan 59,4 gram.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
Raket yang terbuat dari bahan yang berbeda memiliki sifat yang berbeda. Raket logam terbuat dari baja, titanium, magnesium, dan aluminium. Raket ini sangat kuat, tetapi pada beberapa jenis logam akan bergetar saat digunakan untuk memukul bola.

Bahan pembuat raket lainnya adalah serat kaca (fiberglass), grafit dengan modulus tinggi, dan kevlar. Raket yang dihasilkan sangat kuat, ringan, dan dapat menjadi kaku atau lentur. Berat raket yang dianjurkan untuk putri berkisar antara 13 sampai 13,5 ons, sedangkan untuk putra berkisar antara 13,5 sampai 14 ons. Panjang 68,58 cm dan Besar pegangannya 10,48–11,75 cm.

Kenyamanan merupakan faktor penting dalam memilih pakaian yang akan dikenakan. Oleh karena permainan tenis umumnya dilakukan di lapangan terbuka, maka pakaian yang dikenakan sebaiknya berwarna putih, karena warna putih bukan penyerap panas yang baik.

Perlengkapan lainnya adalah sepatu dan kaos kaki. Ketahanan, kenyamanan, dan bobot adalah beberapa faktor yang memengaruhi pemilihan sepatu. Sepatu khusus tenis memiliki sol yang terbuat dari karet, serta tidak bertumit. Sementara itu, kaos kaki untuk bermain tenis dirancang setebal mungkin dan memiliki bantalan tambahan pada bagian ibu jari kaki dan tumit.

Daftar pustaka :
  • Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Perlengkapan Untuk Bermain Tenis"

Posting Komentar