Mengenal Permainan Tenis Lapangan



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Player [Image by www.telegraph.co.uk], 
Tenis pada awalnya bernama “tenis lapangan rumput” (lawn tennis). Tenis merupakan cabang olahraga yang tiap pemainnya menggunakan raket untuk memukul bola melewati net dan memantul sampai lawannya tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Permainan tenis lapangan diperkenalkan oleh seorang tentara Inggris bernama Mayor W.C. Wingfield di dalam suatu pesta di Wales tahun 1873. Permainan ini berasal dari bangsa Yunani Kuno. Pada tahun 1879, sudah dimainkan di lapangan keras (gravel) hingga sekarang di Wimbledon-Inggris.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
Di Indonesia, tenis lapangan diperkenalkan oleh Dr. Hoitep. Pada PON I di Solo tahun 1948, tenis sudah dipertandingkan. Wadah organisasi tenis Indonesia adalah Pelti, singkatan dari Persatuan Lawn Tenis Indonesia. Induk organisasi tenis adalah ITF (International Tenis Federation) untuk skala internasional. Sementara itu, wadah organisasi cabang olahraga ini adalah Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti).


Permainan tenis dibedakan menjadi dua, yaitu permainan tunggal dan permainan ganda. Permainan tunggal (single) adalah pertandingan antara dua pemain, sedangkan permainan ganda (double) adalah pertandingan antara empat pemain, dengan dua pemain dalam tiap tim.

Jadi, ada lima nomor yang dipertandingkan dalam tenis, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Permainan ini termasuk olahraga yang dilakukan di lapangan terbuka.

Daftar pustaka :
  • Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Mengenal Permainan Tenis Lapangan"

Posting Komentar