Cara –Cara memegang Raket Tenis



Bagikan:


gambar ilustrasi Tenis Player [Image by www.telegraph.co.uk], 
Tenis pada awalnya bernama “tenis lapangan rumput” (lawn tennis). Tenis merupakan cabang olahraga yang tiap pemainnya menggunakan raket untuk memukul bola melewati net dan memantul sampai lawannya tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

Dalam permainan tenis lapangan dikenal tiga cara dalam memegang raket tenis, yaitu Genggaman Eastern, Genggaman Continental serta Genggaman Western. Berikut ini akan dijelaskan cara-cara dalam memegang raket selengkapnya.
Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai Permainan Tenis Lapangan dibawah ini:
1. Genggaman Eastern

Cara melakukan genggaman eastern sebagai berikut.
  • Tangan kiri memegang leher raket, kemudian tangan kanan memegang tangkai/gagang raket.
  • Pegangan tangan kanan antara ibu jari dan telunjuk membentuk huruf V. Pegangan ini seperti orang-9 berjabat tangan dengan telapak tangan dekat dengan bidang yang rata.
Jenis genggaman ini cocok untuk pukulan bola tinggi dan pukulan bola rendah.

2. Genggaman Continental

Cara melakukan genggaman continental sebagai berikut.

Tangan memegang tangkai raket dengan telapak tangan berada di bagian atas raket dan ibu jari memanjang dada bagian muka tangkai raket. Genggaman continental cocok untuk pukulan pendek menyilang lapangan dan cocok untuk lenturan bola rendah. Namun, pegangan ini akan berakibat sakit jika untuk melakukan bola melambung tinggi.


3. Genggaman Western

Cara melakukan genggaman western sebagai berikut.

Tangan memegang raket dengan telapak tangan berada di bawah gagang, ibu jari berada di samping gagang. Demikian pula jarijari lain juga merapat di gagang di samping dari gagang raket. Genggaman western tepat sekali untuk bola tinggi dan bola setinggi pinggang, tetapi sulit untuk bola-bola rendah.

Daftar pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1/Sri Wahyuni, Sutarmin, Pramono; ilustrator, Amanah...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

1 Response to "Cara –Cara memegang Raket Tenis"

  1. Reading your content make user to feel right about tennis, but its not an easy game for beginners, Tennis Beginner players should look first for the right coach and passion for it, then a player should look for best tennis racquet.

    BalasHapus