Teknik Latihan Keseimbangan Dengan Bertumpu Pada Kaki Dalam Senam Dasar | Edukasi Center



Bagikan:


Ilustrasi latihan keseimbangan [image by Merdeka.com], 

Senam adalah gerakan yang mengandung salah satu unsur atau gabungan unsur kalestenik, tumbling, dan akrobatik. Pada pelajaran kali ini kalian akan membahas senam dasar dan senam lantai. Senam dasar meliputi gerak keseimbangan bertumpu pada kaki dan selain kaki.


Senam lantai meliputi gerakan guling depan dan guling belakang. Senam dasar bentuk keseimbangan yang bertumpu pada kaki dapat diperagakan sebagai berikut :

Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.
1. Gerakan berdiri dengan satu kaki

Teknik atau cara-cara untuk melakukan gerakan keseimbangan dengan berdiri dengan satu kaki yaitu : Berdiri dengan sikap tegak; Angkat salah satu kaki ke atas lurus ke depan dengan kedua tangan direntangkan ke samping badan; Pejamkan mata, dan bertahanlah selama 1 menit; Kembali ke tempat semula; dan Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

2. Gerakan bagai kapal terbang


Tahap-Tahap dalam melakukan gerakan latihan keseimbangan dengan bagai kapal terbang yaitu : Berdiri dengan sikap tegak; Kedua tangan direntangkan ke samping. Salah satu kaki dijulurkan ke belakang; Bungkukkan badan ke depan sampai posisi badan dan kaki lurus; Pandangan tetap ke arah depan; Tahan sebentar dan kembali ke sikap semula; dan Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Sebelum lanjut, baca juga informasi menarik lainnya mengenai gerakan dalam Senam Ketangkasan dibawah ini:
3. Jongkok dengan salah satu kaki diluruskan ke depan


Langkah-langkah melakukan Teknik jingkok dengan salah satu kaki diluruskan ke depan yaitu : Posisi jongkok; Kedua tangan bertolak pinggang; Angkat salah satu kaki ke depan lurus dengan kaki tumpuan jinjit; Tahan sebentar dan kembali ke sikap semula; dan Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Bagikan:


Materi Penjasorkes Lainnya:

0 Response to "Teknik Latihan Keseimbangan Dengan Bertumpu Pada Kaki Dalam Senam Dasar | Edukasi Center"

Posting Komentar